Menelisik Lebih Dalam Sejarah Dan Fungsi XLR Jack Canon Dalan Sound System

Penggunaan sound system sudah menjadi bagian yang penting dalam sebuah acara. Jika berbicara tentang perangkat tersebut, kabel dan konektor memiliki fungsi yang sangat krusial. Kerusakan di bagian ini akan mempengaruhi seluruh bagian sound bahkan sampai tidak bisa berfungsi. Lantas sudah tahukah anda bagaimana sejarah dan fungsi XLR Jack Canon? Yuk cek selengkapnya!

Sejarah Dan Fungsi XLR Jack Canon

Sejarah Konektor XLR

James H. Cannon adalah tokoh yang sangat berperan, dalam munculnya teknologi yang disebut dengan konektor XLR. Perusahaan bernama Cannon Electric memproduksi perangkat konektor yang kemudian disebut dengan Canon X. Lama kelamaan, perangkat tersebut mengalami pembaharuan dan telah dikembangkan dengan adanya latch.

Penambahan Latch ini membuat nama dari perangkat tersebut berubah menjadi XLR. Orang yang menggeluti dunia sound system pasti sangat membutuhkannya. Tipe dari XLR pun sangat beragam, dan memiliki keunggulan yang berbeda beda. Anda bisa memilih produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan agar sound system dapat bekerja dengan optimal.

Selain XLR, perusahaan Canon pun memproduksi sebuah konektor lain, yang dikenal dengan nama XLP. Sebenarnya komponen dari XLP tidak banyak berbeda dari XLR, hanya saja perusahaan membuat XLP dengan isolasi plastik, sedangkan XLR tidak. Namun jika ditinjau dari segi fungsi, keduanya tetap sama yaitu menjadi penghubung input masukan dari mic.

Sekilas Tentang Fungsi Konektor XLR

Sebelumnya sudah sempat dibahas, bahwa salah satu fungsi XLR jack canon adalah untuk menjadi penghubung input dengan mic atau mikrofon. Selain fungsi tersebut, XLR dapat digunakan untuk menghubungkan input dengan mixer profesional. Fungsi mixer sendiri adalah untuk mencampurkan suara agar suaranya terdengar harmonis dan nyaman di telinga.

Tanpa adanya XLR, maka komponen tersebut tidak dapat dijalankan. Saking pentingnya fungsi XLR, soundman akan kalang kabut jika part ini menghilang sebelum dimulainya acara. Pening bagi anda untuk memiliki XLR cadangan di dalam tas. Hal ini penting, untuk jaga jaga jika tiba tiba saja XLR yang biasa digunakan tidak berfungsi dengan baik.

Sejauh ini, tipe dari XLR sangat beragam dan mereka semua memiliki keunggulan yang berbeda beda. Perbedaan inilah yang membuat harganya pun bervariasi. Anda hanya perlu memilih tiep yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan. Anda tidak perlu membeli setiap jenisnya, karena yang berbeda hanya materi pendukungnya saja. Fungsi utamanya masih sama, yaitu sebagai penghubung.

Jack canon ini tipenya cukup beragam, ada yang tiga pin, lima pin, dan masih banyak lagi. namun secara umum, yang paling sering dipakai adalah yang tiga pin. Setiap pin ini pasti ada numbernya, sehingga anda juga harus bisa memasangnya dengan baik. Jika pemasangannya salah maka penyambungan tidak akan berjalan dengan lancar.

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan konektor XLR yang perlu anda ketahui. Jika memang masih bingung, anda bisa langsung cek web Goshen Swara. Toko tersebut menyediakan berbagai kebutuhan konektor dengan lengkap. Soal kualitas sudah sangat terjamin, sehingga anda tidak akan kecewa memilihnya.